Cara Menanam Sayuran Hidroponik, Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Media Air, Menggunakan Teknik Larutan Statis, Menggunakan Teknik Larutan Air

Cara Menanam Sayuran Hidroponik –  penanaman sayuran kini dapat dilakukan tanpa menggunakan media tanah karena penemuan metode tanam yang dikenal dengan Hidroponik. Teknik penanamannya beda dengan cara menanam jagung manis.

Cara menanam sayuran hidroponik adalah kegiatan bercocok tanam yang dilakukan tanpa tanah melainkan air yang mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Kalian bisa menggunakan  porus seperti sterofoam, pasir.

Kegiatan budidaya dengan cara hidroponik harus lakukan dengan perhitungan yang tepat, karena kalian harus memperhitungkan seberapa banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tanam. Jika tanaman mengalami kekurangan nutrisi dapat berakibat kegagalan panen.

Selain itu terdapat beberapa hal perlu kalian perhatikan adalah jumlah tanaman yang akan ditanam, karena sudah jelas penanaman dalam jumlah besar akan berbeda dengan penanaman jumlah kecil.
Jika penanaman jumlah kecil bisa menggunakan bahan-bahan sisa disekitar rumah beda dengan penanaman jumlah besar kalian harus membeli semua bahan – bahan kalau tidak ingin terjadi gagal panen.
Baiklah untuk lebih lanjut mengenai cara menanam sayuran hidroponik, cobalah lihat tips cara menanam sayuran hidroponik dibawah ini.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Media Air

Kali ini saya akan membagikan tips dan panduan cara menanam hidroponik yang bisa anda coba sendiri di rumah

1. Menggunakan Teknik Larutan Statis

Menggunakan Teknik Larutan Statis

Cara menanam sayuran hidroponik yang pertama dapat menggunakan teknik larutan statis artinya kalian tidak perlu mengalirkan air yang berisi nutrisi.
Media yang dibutuhkan dalam teknik ini adalah Ember, botol bekas, baskom, bak semen serta tangki. Saran dari saya untuk memilih media yang tidak tembur terhadap cahaya matahari bertujuan menghidarkan tanaman dari serang lumut.
Selain itu yang perlu kalian perhatikan adalah mengontrol ketinggian air, karena teknik ini tidak mengalirkan air tetapi selalu mengisi media tanam dengan air yang rendah kira-kira air nutrisi terkena akar tujuan agar tanaman selalu mendapat oksigen yang cukup.

2. Menggunakan Teknik Larutan Air

Menggunakan Teknik Larutan Air

Teknik selanjutnya untuk cara menanam sayuran hidroponik adalah menggunakan pengaliran air, cara kerjanya kalian hanya perlu menyiapkan tangki berukuran besar yang diletak pada daerah yang lebih tinggi dari media tanam sehingga air yang berisi nutrisi-nutrisi dapat mengalir secara baik keseluruh media tanam.
Teknik hidroponik NFT dapat menggunakan parit buatan yang dibuat dari lempengan logam tipis anti karat, dan tanaman disemai di parit tersebut.
Sekitar saluran parit tersebut akan dialirkan air mineral bernutrisi sehingga sekitar tanaman akan terbentuk lapisan tipis yang dipakai sebagai makanan tanaman.
Parit dibuat dengan aliran air yang sangat tipis lapisannya, sehingga cukup melewati akar dan menimbulkan lapisan nutrisi disekitar akar dan memiliki oksigen yang cukup untuk tanaman.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik di Rumah


Jika kalian ingin melakukan penanaman menggunakan metode hidroponik dirumah, saya akan memberikan cara menanam hidroponik paling sederhana sebagai berikut

1. Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Sistem WICK

Teknik yang satu ini menggunakan sumbu yang berguna untuk mengalirkan air yang berisi nutrisi dari bak penampungan ke akar tanaman, Rockwool adalah media yang akan menyerap air nutrisi yang dibawah kain flanel, sehingga akar-akar muda tanaman bisa menyerapnya dari rockwool.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Pertama yang perlu kalian siapakan yaitu botol bekas ukuran 600 ml.
  • Setelah itu Media tanam : disarankan Rockwool (bisa beli di toko pertanian atau online) Alternatif lain kalau repot bisa diganti sama dacron, busa bekas, gulungan kapas, atau kain flanel yang digulung.
  • Terakhir Sumbu : dapat menggunakan sumbu kompor / kain flanel / kain yang bisa menyerap air.

2. Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Botol Bekas

Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Botol Bekas

  • Siapkan botol bekas dan potong dan buat lubang berukuran 1 cm, botol sudah dipotong bagian atas dan bawahnya.
  • Sehabis itu siapkan paku yang sudah dipanaskan untuk membuat lubang pada daerah botol yamg dipotong tadi.
  • Bagi kalian yang ingin menggunakan sumbu, anda tidak perlu membuat tutup botol yang perlu dilakukan membuat lubang pada tengah-tengah tutup botol menggunakan paku yang sudah dipanaskan.
  • Kemudian bagi kalian yang ingin menggunakan sistem apung, bisa membuat tutup botol supaya akar dapat berkembang dipermukan air yang berisi nutrisi.
  • Masukkan larutan nutrisi ke dalam potongan botol bekas yang bagian bawah.
  • Masukkan lagi potongan botol bekas bagian atas secara terbalik (tutup botol di bawah) ke potongan botol bekas bagian bawah yang baru saja diisi larutan nutrisi.
  • Taruhlah media tanam ke dalam potongan botol bekas bagian atas.


Langkah Awal Panduan Menanam Sayuran Hidroponik 


Berikut ini panduan step by step untuk menanam sayuran hidroponik sederhana yang harus kalian perhatikan

  1. Penyiapan Benih Tanaman Hidroponik. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tahap persiapan benih. Untuk persiapan benih sendiri sama dengan cara bertanam tanaman biasa. Anda bisa mendapatkan benih tersebut dengan membuatnya sendiri atau membeli benih yang sudah siap ditanam di toko pertanian. Bagi pemula sendiri lebih dianjurkan untuk membeli benih yang sudah jadi di toko pertanian saja atau membelinya secara online di toko-toko online pertanian yang sudah banyak sekali. Setelah anda mempunyai benih tanaman yang akan dibudidayakan, langkah selanjutnya adalah tebar atau semai benih tersebut. Tempat penyemaian yang biasa digunakan adalah rockwool. Rockwool sangat praktis karena mempunyai daya serap air yang tinggi dan steril. Rockwool ini juga sekaligus bisa anda beli pada saat membeli bibit.
  2. Penyiapan Media Tanam Hidroponik. Setelah benih selesai kita proses seperti cara di atas, maka langkah selanjutnya adalah penyiapan media tanam hidroponik. Anda bisa menggunakan campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil, atau menggunakan sabut kelapa. Tempatkan media tanam pada wadah yang kalian inginkan seperti pot atau kaleng bekas. Jika benih sudah cukup umur pindahan ke media tanam.

Kriteria Media yang Baik

  • Tidak mempengaruhi larutan nutrisi
  • Tidak menghambat sistem pengairan
  • Mempunyai pori pori yang baik untuk pengairan

Setiap media tanam mempunyai keunggulan masing-masing. Media rockwol termasuk yang paling banyak dan sering digunakan dalam bertanam hidroponik.

3. Pemberian Nutrisi. 

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, media hidroponik ini tidak menggunakan tanah, maka tanaman membutuhkan nutrisi dari luar, terlebih yang kita berikan. Dosis atau ukuran nutrisi yang diberikan harus dihitung dengan presisi antara jumlah unsur makro dan mikro agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman berlangsung dengan baik. Gunakan nutrisi hidroponik yang sesuai dengan jenis tanaman yang ditanam. Kalian bisa meracik sendiri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. Pemberian nutrisi bisa dengan cara disiram manual waktu pagi dan sore hari. Sumbu (bisa dari kapas, sumbu kompor atau kain bekas)  akan mengalirkan nutrisi ke semua bagian tanaman. Teknik WICK ini merupakan salah satu metode hidroponik sederhana.

4. Perawatan Tanaman Hidroponik

Tahap selanjutnya dari cara menanam sayuran hidroponik adalah tahap perawatan. Perawatan tanaman dengan teknik hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan tanaman pada metode penanaman biasa, seperti pemangkasan, pembersihan gulma dan sebagainya.

Setelah kalian mengetahui cara menanam sayuran hidroponik alangkah baiknya jika kalian tahu jenis – jenis tanaman hidroponik. Berikut jenis – jenis sayuran hidroponik yang bisa kalian tanam sendiri dirumah.

Syarat Hidup Tanaman Hidroponik



  • Tanaman Hidroponik harus terpapar sinar matahari tetapi air nutrisi pada bak penampung atau tandon harus terlindungi dari suhu tinggi karena bisa mengakibatkan perubahan PH / keasaman dan pertumbuhan lumut di dalam wadah atau instalasi hidroponik.
  • Air yang digunakan sebaiknya memakai air tanah / sumur sebab cenderung steril tidak mengandung hama, gulma dan bakteri. Air hujan juga baik untuk hidroponik karena mempunyai Electro Conductivity (EC) rendah, tetapi PH (keasaman) harus diukur dulu, pasalnya air hujan cenderung asam.
  • Oksigen sangat diperlukan tanaman hidroponik kisaran 6-10 ppm, jika semakin besar maka akan semakin baik. Alat untuk mengukur kadar oksigen adalah Disolved Oksigen (DO) Meter.
  • Suhu larutan nutrisi hidroponik harus diantara 18 s/d 28 derajat celcius, karena jika suhu tinggi, kadar oksigen akan menurun. Jika oksigen terlarut habis secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan tanaman.
  • Untuk sayuran dan sayuran buah tertentu apabila ditanam dengan metode hidroponik tidak boleh terkena air hujan langsung misalnya tomat, jika curah hujan terus-menerus akan cepat membusuk tidak terkecuali tanaman sayur tertentu juga begitu.


Keunggulan Hidroponik


Kira-kira apa saja keunggulan menanam dengan menggunakan teknik hidroponik? Berikut ini beberapa kelebihan penanaman menggunakan sistem hidroponik.

  • Kelebihan bertanam menggunakan teknik hidroponik yaitu penghemat biaya, karena kalian tidak harus melakukan penyiraman air kalian hanya perlu melakukan kontrol.
  • Setelah itu kalian tidak perlu lahan yang luas sebab penggunaan hidroponik hanya menggunakan lahan kecil meskipun jumlah tanaman berjumlah banyak.
  • Dalam proses perawatan lebih ramah lingkungan karena tidak perlu menggunakan obat hama atau pestisida.
  • Kelebihan selanjutnya dari hidroponik tidak merusak tanah sebab media penanam sama sekali tidak menggunakan tanah.
  • Hasil panen tanaman terjamin kesehatannya.
  • Bisa memeriksa tanaman dalam keadaan sehat atau tidak dengan melihat akarnya.


Kelemahan Hidroponik

Beberapa kelemahan metode tanam hidroponik, diantaranya

  • Memerlukan biaya lebih di bagian awal, terutama jika berencana untuk menanam tanaman secara hidroponik dalam sekala besar.
  • Membutuhkan alat-alat khusus. Alat-alat untuk teknik tanam hidroponik masih jarang di temukan di sekitar kita.
  • Memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus sebab metode tanamnya tidak pada lahan tanah.
  • Membutuhkan ketelitian yang lebih, karena nutrisi untuk tanaman hidroponik harus benar-benar di awasi secara cermat.

Manfaat Hidroponik

Berikut beberapa manfaat hidroponik yang bisa kalian di dapatkan, diantaranya

  • Menghasilkan hasil tanaman yang lebih baik.
  • Tanaman bisa terhindar dari hama.
  • Penggunaan pupuk menjadi lebih hemat.
  • Hemat tempat, karena tidak memerlukan lahan tahan yang luas untuk menanam tanaman.
  • Tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat.
  • Menghemat tenaga dan waktu.

Daftar Isi

HIDROPONIK

  1. Peluang Pasar Sayuran Hidroponik Semakin Populer landasan Memilih Usaha yang Menguntungkan
  2. Taman Anggrek dengan Kreasi Kincir Air Yang Unik dan Menarik
  3. Metode-Metode Hidroponik Untuk Merubah Lahan Sempit Jadi Produktif Dengan Bertanam Sayuran Bebas Peptisida
  4. Hidroponik, Pengertian dan Penjelasan Tanaman Hidroponik, Teknik Hidroponik
  5. Hidroponik Sederhana Solusi Bagi Pecinta Tanaman Di Lahan Perkotaan Yang Sempit
  6. Cara Menanam Sayuran Hidroponik, Cara Menanam Sayuran Hidroponik dengan Media Air, Menggunakan Teknik Larutan Statis, Menggunakan Teknik Larutan Air
  7. Tren Hidroponik Sebagai Hobiis dan Peluang usaha membudidayakan Sayuran dan Buah-buahan Segar 
  8. Instalasi Hidroponik dari Botol dan Pipa PVC, Membuat Rangkaian Botol Hidroponik Kreatif, Membuat Penyangga Instalasi
  9. Kata Penghobi dan Pengusaha Hidroponik Sukses | Pasar Modern, salah satu target pemasaran produk sayuran hidroponik
  10. Potensi Pasar Sayuran Hidroponik, Sayuran hidroponik cocok untuk konsumen restoran yang menghendaki rasa "netral"
  11. Kenapa Harus Orang Harus Berkebun Hidroponik? | Lebih Sehat Hidroponik?
  12. Asal Usul dan Perkembangan Hidroponik, Ilmuwan Pengembang Hidroponik, Perkembangan Hidroponik di Indonesia
  13. Kapan Teknik Hidroponik Di Mulai dan Bagaimana Menaman Tanaman Tanpa Tanah ?
  14. Hasil Budidaya Hidroponik di Banding Budidaya Secara Konvensional Menurut Para Ahli 
  15. Ragam Tanaman Yang Di Budidayakan Secara Hidroponik, Kangkung, Bayam, Selada Keriting Hijau, Lettuce Romaine, Sawi
  16. Yang Perlu Jadi Pertimbangan Dalam Membudidayakan Hidroponik, Lingkungan Ideal, Elevasi, Lokasi, Sinar Matahari, Kelembapan, pH
IKAN KONSUMSI

Postingan populer dari blog ini

Instalasi Hidroponik dari Botol dan Pipa PVC, Membuat Rangkaian Botol Hidroponik Kreatif, Membuat Penyangga Instalasi

Hasil Budidaya Hidroponik di Banding Budidaya Secara Konvensional Menurut Para Ahli